GeekBlog - SEO Panduan Youtube 2017 Kupas Tuntas masalah Pelanggan dan Penonton

Bagi rekan-rekan yang bergelut dengan dunia internet marketing tentu sudah paham betul besarnya pengaruh dan kekuatan dari situs berbag...


Bagi rekan-rekan yang bergelut dengan dunia internet marketing tentu sudah paham betul besarnya pengaruh dan kekuatan dari situs berbagi video Youtube. Sebagai gambaran saja, Youtube merupakan salah satu situs dengan jumlah pengunjung harian terbesar di bawah Google serta media sosial Facebook.
Selain itu, situs ini juga sukses menjadi mesin pencari terbesar kedua setelah Google, dengan jumlah pencarian mencapai 30 juta pencarian setiap hari! Tidak berlebihan kemudian jika banyak IMers menyebut Youtube sebagai salah satu ladang mengeruk dollar yang paling potensial.
Dari situlah kemudian banyak berfikir dan mencari tahu seperti apa sih cara untuk memenangkan persaingan pencarian video di situs Youtube. Salah satunya tentu melibatkan peran search engine optimization alias SEO.
Artikel lain: Mau Ngetop di YouTube? Coba Jalankan 3 Trik dari Youtuber Terkenal Berikut Ini
Dan hampir sama seperti teknik yang diterapkan pada hasil pencarian Google, nyatanya ada beberapa trik khusus yang bisa kita pakai untuk mendapatkan posisi pencarian di pejwanYoutube.
Pada panduan kali ini, kita akan mempelajari beberapa poin penting untuk bisa memenangkan persaingan pencarian di halaman pertama situs Youtube.  Terapkan beberapa poin tersebut secara maksimal dan lihat hasilnya dalam beberapa waktu ke depan.
Langsung saja, mari kita mulai dari poin pertama!

Trik 1: Mencari Video Keyword

Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya, bahwa pada dasarnya teknik SEO yang diterapkan pada Youtube tidak terlalu berbeda jika dibandingkan dengan Google. Tahap pertama kita harus mencari keyword, atau bahasa kerennya keyword research.
Namun berbeda dengan pencarian keyword untuk Google, kita harus menemukan apa yang disebut dengan Video Keyword. Video Keyword merupakan sebuah keyword yang tidak hanya dicari melalui Youtube namun juga muncul pada halaman pertama hasil pencarian Google.
Untuk mempermudah, rekan-rekan bisa melihat gambar di bawah ini:
youtube-seo-1
Bisa dilihat bahwa keyword “cutest cat” menampilkan hasil pencarian halaman pertama Google yang dipenuhi dengan video Youtube.  Keyword semacam inilah yang bisa dikategorikan sebagai video keyword, karena tidak hanya dicari melalui Youtube, video dengan keyword ini juga akan tampil dalam halaman pertama hasil pencarian Google.
Secara umum ada beberapa tipe dari video keyword yakni:
  • Keyword How to (menerangkan tentang cara membuat atau melakukan sesuatu)
  • Keyword Review (mereview produk atau sesuatu)
  • Keyword Tutorial (menerangkan langkah-langkah atau sebuah proses)
  • Keyword Fitness (umumnya berhubungan dengan olahraga atau fitness)
  • Keyword Funny Video (tentang video-video lucu)
Tentu banyak bertanya kemudian mengapa video keyword ini begitu penting?
Secara sederhana, silahkan dibayangkan jika Anda bisa menemukan sebuah keyword yang tidak hanya dicari melalui Youtube namun juga dicari melalui Google, dan video Anda akan tampil di halaman pertama Google, tentu potensi mendapatkan views dan engagement tentu akan lebih besar bukan.
Cara mencari video keyword
Setelah mengetahui seperti apa video keyword tersebut, lantas bagaimana cara mencarinya?
Cara yang termudah tentu seperti yang telah ditunjukkan pada gambar sebelumnya. Kita tinggal mencari sejumlah keyword yang berhubungan dengan channel Youtube yang akan kita kembangkan.
youtube-seo-2
Setelah kita menemukan sejumlah keyword, kita bisa langsung mencarinya di Google. Jika ada video Youtube yang muncul pada halaman pertama hasil pencarian Google, maka keyword tersebut sangat tepat untuk Anda targetkan.
Bonus Tips: usahakan nantinya video keyword tersebut memiliki jumlah pencarian bulanan sedikitnya 300. Caranya tentu kita bisa melihat melalui fasilitas Google Keyword planner atau menggunakan fasilitas keyword research lainnya. Karena angka pencarian bulanan atau monthly search 300 mempunyai potensi aliran trafik yang sudah cukup bagus.
youtube-seo-3
Lebih besar lagi? Tentu semakin mantab. Tapi ingat juga persaingannya, guys.

Trik 2: Buat Video Dan Channel Youtube yang Menarik

Setelah kita mengetahui tentang rahasia video keyword, langkah berikutnya adalah membuat video serta channel Youtube yang menarik. Pada tahap ini, kita akan berusaha untuk membuat kesan yang baik di mata Youtube dan viewers melalui video serta channel yang kita buat.
Jika kita berbicara tentang kualitas video, mungkin banyak yang berpikir bahwa video yang bagus selalu dibuat dengan peralatan perekam yang bagus pula. Nyatanya tidak selalu seperti itu, bahkan jika kita tidak mempunyai peralatan kamera yang mumpuni, kita masih punya kesempatan dengan membuat video dengan konsep screen capture alias merekam kegiatan di layar komputer kita, atau bisa juga dengan membuat video Slideshow.
Sebelumnya ditekankan bahwa, tutorial kali ini lebih banyak mengarahkan bagaimana membangun video serta channel yang berkualitas tanpa menggunakan teknik SEO yang dilarang.
Yang terpenting adalah, kita mengetahui beberapa fokus utama yang dijadikan tolak ukur Youtube untuk melakukan rangking video kita.
1. Faktor Perangkingan
Pertama-tama, harus kita pahami bahwa video di Youtube tidak bekerja seperti layaknya blog atau website dalam hal perangkingan. Jika di Google, ada istilah backlink yang bisa digunakan untuk menentukan kualitas sebuah blog atau website, Youtube tidak ada yang seperti itu (kecuali meng-embbed video pada blog atau situs lain).
youtube-seo-4
Yang lebih diperhatikan sebenarnya adalah beberapa poin berikut ini:
  • Video Retention
Video retention merupakan persentase dari seberapa banyak orang yang melihat video kita kemudian melihat kembali video kita yang lain. Semakin banyak orang yang kembali untuk menonton video kita, maka semakin baik pula ranking Youtube kita. Data ini bisa kita amati di dashboard akun Youtube kita.
  • Komentar
Semua komentar yang masuk pada sebuah video bisa menjadi penanda bahwa video tersebut memang memberikan dampak pada penonton yang akhirnya di tempatkan Youtube pada posisi atas. Terlepas dari komentar tersebut positif atau negatif, sangat saya sarankan untuk aktif memberi tanggapan pada komentar yang masuk.
  • Thumbs up/Thumbs down
Tombol like yang ada di bagian bawah video, juga menjadi penilaian utama sebuah video  dinilai baik atau tidak di mata Youtube.
  • Subscribe
Sangat sering kita dengar, channel dengan subscriber besar umumnya bisa masuk pada halaman pertama hasil pencarian Youtube dengan lebih mudah. Terlebih jika banyak penonton video kita yang kemudian langsung subscribe setelah menonton video kita, efeknya akan lebih maknyos lagi.
  • Share
Semakin banyak penonton yang melakukan share video kita melalui media sosial maupun situs populer lain, besar kemungkinan video kita bisa menyodok di papan atas hasil pencarian.
Jadi maksimalkan semua poin-poin tersebut. Dengan cara? …. baca lanjutannya ya.
2. Buat Video Di atas 5 Menit
Jika kita teliti kembali, banyak dari video yang muncul pada halaman pertama hasil pencarian Youtube, panjangnya lebih dari 5 menit. Bahkan beberapa diantaranya mencapai waktu lebih dari 1 jam.
youtube-seo-5
Mungkin kebanyakan dari kita akan kesulitan jika membuat video yang terlalu panjang. Namun angka 5 menit, merupakan batas minimum yang harus kita usahakan. Secara teori, umumnya lebih panjang tentu lebih baik.
Namun, hal ini tanpa mengesampingkan kualitas dari video kita lo ya! Karena bisa dibayangkan, jika kita membuat sebuah video yang dipaksakan terlalu panjang dan nyatanya tidak benar benar menarik, maka penonton  juga takkan segan untuk segera meninggalkan video kita atau bahkan menekan tombol dislike.
3. Dandani Channel Youtube
Ini yang tidak banyak disadari oleh mereka yang ingin eksis di Youtube. Umumnya mereka hanya terfokus pada bagaimana membuat video saja. Namun ada satu rahasia lagi, yakni dengan membuat channel Youtube yang terlihat profesional, karena ternyata tampilan channel yang lengkap juga menjadi  pertimbangan Youtube untuk “mengangkat” posisi video kita.
youtube-seo-6
Lalu apa yang harus dilakukan?
Pertama kita bisa menambahkan, link secara lengkap dari akun media sosial atau website milik kita. Link ini akan muncul di bagian “About” dalam channel kita.
Kemudian jangan lupa, menambahkan gambar dari channel. Gambar ini meliputi logo, serta gambar dinding yang berukuran lebih besar. Tips tambahannya adalah, untuk semakin memperkuat faktor SEO, berikan nama file gambar tersebut dengan keyword yang kita bidik dalam pengembangan channel Youtube.
Selanjutnya, jangan lupa tambahkan deskripsi tentang channel Anda. Dalam deskripsi ini kita bisa mencantumkan tujuan pembuatan channel atau penjelasan tentang tema video yang banyak diangkat. Di dalamnya kita juga bisa menambahkan kata-kata yang bersifat LSI atau turunan dari keyword yang kita bidik. Kita bisa menggunakan tools gratis seperti LSIgraph.com atau yang lainnya.
4. Buat Custom Thumbnails
Thumbnails dari video yang kita buat nyatanya juga memberi efek yang sangat besar terhadap perkembangan dari video tersebut, meskipun tidak secara langsung mempengaruhi ranking Youtube, setidaknya ini sangat berpengaruh pada penonton kita . Akan lebih baik jika kita membuat custom Thumbnails.
Yang perlu diperhatikan, buatlah custom Thumbnails yang mampu menarik keingintahuan penonton untuk membuka video Anda. Namun jangan sampai menggunakan custom thumbnails yang menjebak, dengan gambar yang sebenarnya tidak ada hubungannya sama sekali dengan isi video kita. (apalagi gambar p0rn* dan sebangsanya)
Ini justru akan memperburuk citra kita di mata penonton.
Di bawah ini contoh Thumbnails dari channel vlogger  Indonesia Edho Zell. Selain kreatif, thumbnails imut ini juga sangat menarik dan memicu klik tentunya.
youtube-seo-7
5. Buat Sebuah Playlist
Playlist merupakan daftar beberapa video dengan tema yang sama. Dan ternyata fitur ini juga menyumbang faktor SEO yang cukup kental dan pastinya bisa kita manfaatkan.
Cara yang paling mudah yakni membuat playlist dengan judul keyword yang sedang kita bidik. Setelah itu, kita bisa memasukkan beberapa video yang kita miliki.
youtube-seo-8
Bonus Tips: kita bisa tambahkan beberapa video dari channel lain yang mempunyai tema sejenis dan video tersebut sudah cukup populer.
Secara tidak langsung, playlist ini  juga akan membuat video kita muncul dalam daftar “related video” dari video populer yang kita masukkan dalam playlist tersebut. Serta bukan tidak mungkin playlist tersebut akan muncul pada hasil pencarian Youtube, yang artinya kita juga akan mendapat tambahan views. Legit!

Trik 3: Membangun On Page SEO

Pada tahap ini, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan yakni meliputi nama file, judul, deskripsi serta tags dari video yang kita upload.
  • Nama File
Yang pertama tentang nama, pastikan nama file video yang kita upload mengandung keyword yang sedang kita targetkan. Semisal jika kita menargetkan keyword “weight loss tips” kita bisa menuliskan nama file weight_loss_tips_video.mp4 atau dengan ekstensi video lain.
youtube-seo-11
  • Judul Video
Kemudian yang kedua, judul video. Banyak info yang bertebaran, menyebut bahwa judul video  harus dimulai dengan keyword yang kita bidik. Namun terkadang, adakalanya keyword tersebut dirasa kurang pas jika dituliskan pada awal judul video.
Selain itu, dari pengamatan saya di beberapa hasil pencarian keyword Youtube, banyak juga video yang masuk jajaran halaman pertama, nyatanya tidak menuliskan keyword di awal judul videonya.
youtube-seo-9
Oleh karena itu, mungkin yang terbaik adalah untuk tetap memasukkan keyword dalam judul video, setidaknya di bagian awal jangan terlalu di bagian akhir.
  • Deskripsi video
Berikutnya mengenai deskripsi video,  di sinilah sebenarnya bagian yang paling penting. Karena deskripsi video, merupakan bagian dari video kita yang bisa “dibaca” oleh sistem Youtube.  Oleh karena itu jika kita, ingin mendapatkan posisi pertama di hasil pencarian Youtube, upayakan untuk menulis deskripsi yang tidak hanya panjang kamu juga lengkap.
Secara lengkap, berikut ini template dari deskripsi video Youtube yang bisa Anda gunakan:
  1. Untuk bagian awal deskripsi, taruhlah link dari video kita.
  2. Masukkan beberapa keyword tertarget pada 25 kata awal.
  3. Buatlah deskripsi, setidaknya sepanjang 250 kata, lebih panjang lebih baik.
  4. Gunakan juga keyword turunan atau LSI untuk memperkaya deskripsi video kita.
  5. Masukkan Link jika diperlukan, semisal video kita membahas reviews, bisa kita masukkan link dari affiliate produk tersebut, atau yang lainnya.
  • Tags Video
Dan yang terakhir adalah tags. Ini juga menjadi bagian yang sangat penting karena tags merupakan keterangan dari video yang menentukan bagaimana Youtube memposisikan video Anda.
Bonus Tips: Satu tips kecil yang mungkin belum banyak diketahui, kita bisa memanfaatkan layanan dari ekstensi VidIQ.  Bagi yang belum tahu bisa menyimak video berikut ini (https://www.youtube.com/muhammadfiqih_n) , secara umum VidIQ dapat membantu kita mengetahui informasi terkait sebuah video serta tags yang digunakan oleh video yang telah menguasai halaman pertama untuk hasil pencarian keyword tertentu.
Nantinya kita tinggal mencontek tags-tags tersebut untuk kemudian dimasukkan pada video kita. Plus, satu tips lagi, masukkan juga nama channel dari video populer yang berada di urutan atas tersebut. Fungsinya adalah, agar kita masuk pada saran video terkait dari video populer tersebut.
youtube-seo-10

Trik 4: Promosikan Video

Setelah menerapkan seperangkat tips yang telah dibahas di atas, berikutnya kita bisa langsung mempromosikan video untuk mendapatkan views tentunya. Dalam hal ini, lagi-lagi yang ditekankan adalah bagaimana membangun video serta channel Youtube dengan cara 100% white hat alias resmi.
Tidak disarankan untuk membeli jasa views atau menggunakan cara-cara yang termasuk black atau gray hat.
Sebenarnya pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas tentang hal ini. Jadi, ada beberapa  cara yang bisa kita tempuh untuk mempromosikan video kita.
Yang pertama melalui forum
Tidak ada tempat yang lebih baik daripada forum online, untuk memperkenalkan video yang telah kita buat. Sederhananya adalah forum online berisi orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama pada sebuah tema atau bidang tertentu.
Jika kita mempunyai sebuah video yang sesuai dengan tema tersebut, dan memang bermanfaat,  tentunya para  pengguna forum tersebut akan sangat senang untuk melihat video Anda. Tidak hanya itu, kita juga bisa membangun nama baik di mata netizen.
Selain itu kita juga bisa menggunakan situs tanya jawab seperti Yahoo Answer atau yang lebih baik adalah Quora, karena Quora lebih banyak berisi pertanyaan dan jawabannya kredibel.
youtube-seo-12
Kita bisa memasukkan video kita pada jawaban dari sebuah pertanyaan yang berhubungan dengan keyword yang kita bidik. Atau lebih baik lagi, jika kita bisa langsung meng-embed video tersebut pada jawaban kita.
Baca juga: Ingin Video Youtube Lebih Populer? Promosikan Via 3 Tempat Berikut Ini
Pilihan lain, kita bisa memasukkan link video pada posting blog pribadi kita serta email signature. Be creative.
youtube-seo-13
Dan yang paling mujarab untuk promosi video, tentu melalui situs media sosial, bisa Facebook, Twitter, Instagram, atau media sosial lainnya. Caranya pun tentu sangat mudah, kita bisa mempromosikan langsung pada akun pribadi kita, atau pada grup serta halaman tertentu, yang tentunya masih berhubungan dengan tema video kita. Ingat, don’t be spammy!
Lengkap sudah, panduan tentang teknik SEO untuk video Youtube.  Terapkan semua tips tersebut atau setidaknya pilih beberapa tips yang bisa Anda kerjakan dengan maksimal. Konsisten dan lihatlah hasilnya.
Punya tambahan tips? Boleh dong share di kolom komentar.
Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

COMMENTS

BLOGGER: 2
Loading...
Name

affiliate,1,asus,1,benarsalah,2,bisnis,4,cerita,2,daily,2,dslr,6,film,2,gamecheat,7,geekblog,28,instagram,1,miracle,4,non-tech,8,programming,18,riddle,1,story,8,tech,42,theme,1,trend,34,tutorial,35,
ltr
item
MUHAMMAD FIQIH: GeekBlog - SEO Panduan Youtube 2017 Kupas Tuntas masalah Pelanggan dan Penonton
GeekBlog - SEO Panduan Youtube 2017 Kupas Tuntas masalah Pelanggan dan Penonton
https://3.bp.blogspot.com/-bjfA6oKwZE0/WGJnW-FnFoI/AAAAAAAACSY/uVk0LK9m6iYFwQEDdAuG0NQC8PV3snAxwCLcB/s400/seo-youtube.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-bjfA6oKwZE0/WGJnW-FnFoI/AAAAAAAACSY/uVk0LK9m6iYFwQEDdAuG0NQC8PV3snAxwCLcB/s72-c/seo-youtube.jpg
MUHAMMAD FIQIH
http://www.muhammadfiqih.com/2016/12/geekblog-seo-panduan-youtube-2017-kupas.html
http://www.muhammadfiqih.com/
http://www.muhammadfiqih.com/
http://www.muhammadfiqih.com/2016/12/geekblog-seo-panduan-youtube-2017-kupas.html
true
5941280233941656448
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy